Selasa, 24 Agustus 2010

P4K ( PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI)

P4K ( PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI)

P4K dengan Stiker adalah merupakan suatu kegiatan yang di fasiliotasi oleh Bidan di desa dalam rangka peran aktiv suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil, termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.

Adapun Tujuan khusus adanya program P4K adalah :
1. Terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K disetiap rumah ibu hamil yang memuat informasi ttg : lokasi tempat tinggal ibu hamil, identitas ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, pendamping persalinan, fasilitas tempat persalinan, calon donor darah, transportasi yg akan digunakan serta pembiayaan.
2. Adanya perencanaan persalinan
3. Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama, hamil, bersalin maupun nifas.
4. Meningkatnya keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal, dukun, klpk masyarakat, dalam perencanaan dan pencegahan komplikasi dengan stiker, KB pasca salin dengan perannya masing-masing

Manfaat :
1. Mempercepat berfungsinya desa siaga
2. Meningkatkan cakupan pelayanan ANC sesuai standart
3. Meningkatnya cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan terampil
4. Meningkatnya kemitraan bidan dan dukun
5. Tertanganinya kejadian komplikasi secara dini
6. Meningkatnya peserta KB pasca salin
7. Terpantaunya kesakitan dan kematian ibu dan bayi.
8. Menurunnya kejadian kesakitan dan kematian ibu serta bayi

Komponen P4K dengan stiker :
Fasilitas aktiv oleh Bidan :
1. Pencatatan ibu hamil
2. Dasolin/ tabulin
3. Donor darah
4. Transport/ ambulan desa
5. Suami/ keluarga menemani ibu pada saat bersalin
6. IMD
7. Kunjungan nifas
8. Kunjungan rumah

Operasional P4K dengan stiker di tingkat Desa
a. Memanfaatkan pertemuan bulanan tingkat desa/ kelurahan
b. Mengaktifkan forum peduli KIA
c. Kontak dengan ibu hamil dan keluarga dalam pengisian stiker
d. Pemasangan stiker dirumah ibu hamil
e. Pendataan jumlah ibu hamil di wilayah desa
f. Pengelolaan donor darah dan sarana transportasi/ ambulan desa
g. Penggunaan, pengelolaan, dan pengawasan tabulin/ dasolin
h. Pembuatan dan penandatanganan amanat persalinan.

Bagaimana cara rekapitulasi pelaporan ????
a. Data yg didapat Bidan dari isian stiker dan data pendukung lainnya, dicatat di buku KIA utk disimpan dan dipelajari oleh ibu hamil sbg alat pantau kesehatan ibu selama hamil, bersalin dan nifas.
b. Puskesmas melakukan rekapitulasi dan analisis laporan dari seluruh bidan desa, laporan dari RB swasta serta pemantauan wilayah setempat tentang KIA (PWS-KIA) dan dilaporkan ke dinas kesehatan kab/ kota perbulan.
c. Dinkes kab/ kota melakukan rekapitulasi dan analisis laporan puskesmas dan yankes ibu dari RS pemerintah/ swasta di wilayahnya kemudian dilaporkan ke propinsi setiap bulan.
d. Dinkes propinsi melakukan rekapitulasi dan analisis laporan dari kab/ kota kemudian di laporkan ke tingkat pusat setiap 3 bulan.
e. Tingkat nasional melakukan rekapitulasi dan analisis laporan dari dinkes propinsi dan melakukan pemantauan berkala, fasilitasi, evaluasi P4K dengan stiker dalam rangka PP-AKI.

Pedoman P4K dengan stiker merupakan panduan teknis bagi tenaga kesehatan yang bertugas di desa/ puskesmas dalam mengantisipasi berbagai permasalahan yang terkait dengan angka kematian ibu dan bayi.

Bila dilihat secara mendasar kematian ibu dan bayi dipengaruhi oleh berbagai factor diantaranya sosio ekonomi, demografi dan geografi serta jangkauan pelayanan kepada masyarakat. Melalui kerjasama antara tenaga kesehatan dengan keluarga, tokoh masyarakat, termasuk dengan forum peduli KIA/ POKJA posyandu dan dengan mendekatkan fasilitas pelayanan kesehatan diharapkan permasalahan pelayanan kebidanan secara bertahap dapat di tanggulangi.

Dengan demikian permasalahan kesehatan ibu hamil dan bayi bukan hanya di titikberatkan kepada tenaga kesehatan saja, melainkan juga untuk partisipasi aktif keluarga dan masyarakat melalui kemitraan dan fasilitasi bidan dan forum peduli KIA/ Pokja posyandu yang berbasis masyarakat.

Referensi :
P4K Depkes RI dan USAID dalam rangka mempercepat penurunan AKI dan AKB

20 komentar:

  1. Bu bidan trims yah info P4K-nya

    BalasHapus
  2. sami-sami... mg manfaat n makasih dah mampir baca ya...

    BalasHapus
  3. ibu bidan lia ini mahasiswi kebidanan tngkt 3(akhir) boleh mnta solusi atau tidak bu,,,,, ini saya lagi bingung masalah KTI saya tertrik dengan ASI dan program P4K, tp saya bngung mmbuat judulnya......bisakah ibu mmbantu saya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Calon bidan ya bentar lg....apa ya? ASI dg P4K??? kalau program P4K itu luas. ASI ada di dalamnya... berarti ambil aja judul ada tidak hubungan pemanfaatan atau keberhasilan P4K diluncurkan... bagus itu? jadi intinya dengan program P4K itu, apakah benar tujuan dari pemasangan tersebut tercapai sepenuhnya... kalau ASI mgkn sdh banyak ya diteliti... tapi ASI dengan P4K blm ada, dan kurang nyambung nantinya.. saranku ambil yg khusus P4K nya saja dik.. referensi cari ke dinkes setempat dibagian kesga biasanya.. OK. sukses ya

    BalasHapus
  5. aslm,...pa kabar bu? sy tahu percis ibu bidan ini sangat pintar sekali,...klo boleh saya komentar bu,tentang stiker P4ksudah tidak disertakan lagi di buku kia,di mana saya bisa dapatkan stiker kia lg?

    BalasHapus
  6. wss..alhamdlh baik.. klo stiker KIA, Dinkes ada yg masih mencetak yg belakangnya ada stikernya, tp juga ada yg tidak. jadi biasanya stiker ini sdh ada di Puskesmas dan digandakan/ dicetak sendiri oleh Dinkes atau puskesmas utk dibagikan ke seluruh sasaran bumil.. setahu saya begitu? kalau ada yg share menambahkan, mksh....

    BalasHapus
  7. Aslm ibu,sy mahasiswi bidan tingkat3...
    disini sy dedang bingung mengenai judul KTI saya...
    sy sebenarnya menginginkan evaluasi program p4k namun sy belum terlalu paham bagaimn cra mengevaluasinya....
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  8. untuk cara melihat keberhasilannya program/ evaluasi silahkan baca yang bagaimana caranya mendapatkan rekapitulasi laporan. kalau di Puskesmas, berarti dari laporan bidan desa... nanti bisa dibandingkan, dengan data sebelum program P4K dan sesudah berlaku P4K tersebut.. kira2 jauh lebih baik atau malah menurun....

    BalasHapus
  9. terimakasih bu lia , artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas tentang sistem informasi manajemen KIA.
    sukses selalu ya bu!
    :)

    BalasHapus
  10. Alhamduliilaah terbantu dengan blog ibu,,,saya mendapat tugas akhir judul tentang pengetahuan bumil ttg p4k,,saya harap bisa meminjam buku pedoman p4k ibu dan memfotokopinya untuk dijadikan referensi saya terhadap KTI saya ibu,,Venny Humaira,,

    BalasHapus
  11. hai ira syg..... datang aja kerumah.. ada kok.. hehe :)

    BalasHapus
  12. Bu,saya mhsswi akbid tngkt 3 yg lg bkin kti...maaf nie bu ada artikel tntg linakes gk?

    BalasHapus
  13. Apapun kata orang.. lanjutkan mbak.. yakinlahhh berbagi ilmu itu bisa dgn cara apa saja... gak perlu gak enak hati.. aku salut kok.. lebih baik berbagi ilmu yg bermanfaat spt ini mengalir terus... daripada ngomongin orang n nge gosip. iya gak?? siippp.. aku salut...lanjutkan mbak lia...

    BalasHapus
  14. assalamualaikum bu bidan lia, sy akbid tgkt 3 sy ingin mnt saran ibu,, sy ingin mgangkat jdul kti mengenai tgkat pgtahuan bumil primi tntg cakupan p4k... mnurut ibu bgamana? kmudian kira2 bu bahan mgenai jdul tsb ckupanny luas / tdk n cnthny... makasih bu :)

    BalasHapus
  15. wss... maaf baru ke buka..
    slmt memasuki KTI ya.. judul yg ada, knp menggunakan ibu hamil primi sbg sampelnya??? apalagi hubungan ibu hamil primi dengan cakupan??? kalau menurut saya tidak perlu menggunakan kata Cakupan.. cukup Tingkat pengetahuan Ibu Hamil Primigravida tentang P4K.. karena lebih mudah dan bisa di aplikasikan.. Ok..

    BalasHapus
  16. ya bu krn menurut sy dgn hsilkmrn pkmd bnyk ibu hmil yg tdk tau tntg p4k tetapi jg bumil yg multi jg bnyk yg tdk tahu, apa sy ambil jdul tingkat pengetahan ibu hamil tentang p4k spaya bisa menyeluruh bu?
    ya bu terima kasih atas sarannya sangat bermanfaat bagi saya untuk tolak ukur mgmbil jdul kti ini.
    mohon bimbingannya

    BalasHapus
  17. assalamualaikum,,, ibu,,
    saya mau tanya terkait p4k, apakah ada buku pedoman dalam mengaplikasikan semua kegiatan dalam p4k? dan cara mengevaluasi setiap kegiatan yang ada di dlm p4k?.
    o ya ibu,, boleh minta tolong jelaskan terkait perbedaan tugas kader dan bidan dalam p4k?. yang merekap semua data p4k disetiap desa itu bidan atau kader?.

    BalasHapus
  18. bu bidan itu sumbernya mana, mnt share dng :) trmksh
    ufy

    BalasHapus
  19. Bu p4k ini trmsuk pemberdayaan kah? Terimakasih

    BalasHapus
  20. wah, dari MYORI. saya dari MOJ

    BalasHapus