Senin, 01 Desember 2008

Adaptasi Bayi Baru Lahir


Pengertian Bayi Baru Lahir Normal


Bayi adalah individu baru yang lahir di dunia. Dalam keadaannya yang terbatas, maka individu baru ini sangatlah membutuhkan perawatan dari orang lain.

Pengertian Bayi Baru Lahir Normal.
Janin yang lahir melalui proses persalinan dan telah mampu hidup di luar kandungan.

Karakteristik Bayi Baru Lahir Normal
a. Usia 36-42 minggu.
b. Berat badan lahir 2500-4000 gr.
c. Dapat bernafas dengan teratur dan normal.
d. Organ fisik lengkap dan dapat berfungsi dengan baik.

Adaptasi Fisik Bayi Baru Lahir Normal
Segera setelah lahir, BBL harus beradaptasi dari keadaan yang sangat tergantung menjadi mandiri secara fisiologis. Banyak perubahan yang akan dialami oleh bayi yang semula berada dalam lingkungan interna (dalam kandungan Ibu)yang hangat dan segala kebutuhannya terpenuhi (O2 dan nutrisi) ke lingkungan eksterna (diluar kandungan ibu) yang dingin dan segala kebutuhannya memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhinya.
Saat ini bayi tersebut harus mendapat oksigen melalui sistem sirkulasi pernafasannya sendiri yang baru, mendapatkan nutrisi oral untuk mempertahankan kadar gula yang cukup, mengatur suhu tubuh dan melawan setiap penyakit.
Periode adaptasi terhadap kehidupan di luar rahim disebut Periode Transisi. Periode ini berlangsung hingga 1 bulan atau lebih setelah kelahiran untuk beberapa sistem tubuh. Transisi yang paling nyata dan cepat terjadi adalah pada sistem pernafasan dan sirkulasi, sistem termoregulasi, dan dalam kemampuan mengambil serta menggunakan glukosa.
Perubahan Sistem Pernafasan.

Dua faktor yang berperan pada rangsangan nafas pertama bayi :
a. Hipoksia pada akhir persalinan dan rangsangan fisik lingkungan luar rahim yang merangsang pusat pernafasan di otak.
b. Tekanan terhadap rongga dada yang terjadi karena kompresi paru-paru selama persalinan yang merangsang masuknya udara kedalam paru-paru secara mekanis (Varney, 551-552)
Interaksi antara sistem pernafasan, kardiovaskuler dan susunan syaraf pusat menimbulkan pernafasan yang teratur dan berkesinambungan serta denyut yang diperlukan untuk kehidupan.

Upaya pernafasan pertama seorang bayi berfungsi untuk :
a. mengeluarkan cairan dalam paru-paru.
b. Mengembangkan jaringan alveolus dalam paru-paru untuk pertama kali.

Perubahan Dalam Sistem Peredaran Darah.
Setelah lahir darah bayi harus melewati paru untuk mengambil O2 dan mengantarkannya ke jaringan. Untuk membuat sirkulasi yang baik guna mendukung kehidupan luar rahim harus terjadi 2 perubahan besar :
a. Penutupan foramen ovale pada atrium jantung.
b. Penutupan ductus arteriosus antara arteri paru-paru dan aorta.

Oksigen menyebabkan sistem pembuluh darah mengubah tekanan dengan cara mengurangi dan meningkatkan resistensinya hingga mengubah aliran darah.

Dua peristiwa yang mengubah tekanan dalam sistem pembuluh darah :
a. Pada saat tali pusat dipotong.
Tekanan atrium kanan menurun karena berkurangnya aliran darah ke atrium kanan. Hal ini menyebabkan penurunan volume dan tekanan atrium kanan. Kedua hal ini membantu darah dengan kandungan O2 sedikit mengalir ke paru-paru untuk oksigenasi ulang.

b. Pernafasan pertama menurunkan resistensi pembuluh darah paru-paru dan meningkatkan tekanan atrium kanan. O2 pada pernafasan pertama menimbulkan relaksasi dan terbukanya sistem pembuluh darah paru-paru.
Peningkatan sirkulasi ke paru-paru mengakibatkan peningkatan volume darah dan tekanan pada atrium kanan. Dengan peningkatan tekanan atrium kanan dan penurunan tekanan atrium kiri, foramen ovale secara fungsional akan menutup.
Dengan pernafasan, kadar O2 dalam darah akan meningkat,mengakibatkan ductus arteriosus berkontriksi dan menutup. Vena umbilikus, ductus venosus dan arteri hipogastrika dari tali pusat menutup dalam beberapa menit setelah lahir dan setelah tali pusat diklem. Penutupan anatomi jaringan fibrosa berlangsung 2-3 bulan.

Sistem pengaturan Suhu, Metabolisme Glukosa, gastrointestinal dan Kekebalan Tubuh.
a. Pengaturan Suhu
Suhu dingin lingkungan luar menyebabkan air ketuban menguap melalui kulit sehingga mendinginkan darah bayi. Pembentukan suhu tanpa menggigil merupakan usaha utama seorang bayi yang kedinginan untuk mendapatkan kembali panas tubuhnya melalui penggunaan lemak coklat untuk produksi panas.
Lemak coklat tidak diproduksi ulang oleh bayi dan akan habis dalam waktu singkat dengan adanya stress dingin.


b. Metabolisme Glukosa
Untuk memfungsikan otak memerlukan glukosa dalam jumlah tertentu. Pada BBL, glukosa darah akan turun dalam waktu cepat (1-2 jam). BBL yang tidak dapat mencerna makanan dalam jumlah yang cukup akan membuat glukosa dari glikogen dalam hal ini terjadi bila bayi mempunyai persediaan glikogen cukup yang disimpan dalam hati.


c. Perubahan Sistem Gastrointestinal
Reflek gumoh dan reflek batuk yang matang sudah terbentuk pada saat lahir. Sedangkan sebelum lahir bayi sudah mulai menghisap dan menelan. Kemampuan menelan dan mencerna makanan (selain susu) terbatas pada bayi.
Hubungan antara esofagus bawah dan lambung masih belum sempurna yang berakibat gumoh. Kapasitas lambung juga terbatas, kurang dari 30 cc dan bertambah secara lambat sesuai pertumbuhan janin.


d. Perubahan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem imunitas BBL belum matang sehingga rentan terhadap infeksi. Kekebalan alami yang dimiliki bayi diantaranya :
1) Perlindungan oleh kulit membran mukosa.
2) Fungsi jaringan saluran nafas.
3) Pembentukan koloni mikroba oleh kulit dan usus.
4) Perlindungan kimia oleh lingkungan asam lambung.
Kekebalan alami juga disediakan pada tingkat sel oleh sel darah yang membantu membunuh organisme asing.

13 komentar:

  1. trim atas materinya buat tambahan bahan ajar ......

    BalasHapus
  2. asswrwb
    wuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaah, mbak ku yang cantik, piye kabare mbak???damang?hehehe kan mbak lia asli jawa tapi karena sekarang domisili di sukabumi, jadi tiasa nyarious sunda atuh nya.
    mbak, ni tessa temen dulu di ungaran???hayyyyo, inget gak? tsa sekarang dah pulang ke ptk, dah namatin s2 kebidanan, sekarang kerja di poltekkes ptk,.kalo maen2 ke kalimantan, kabar2i ya????
    kangen banget, salam buat si putri ya?miz u, ukhti

    BalasHapus
  3. ass.. makasih banyak ya mbak atas artikel yang di buat.. seneng sekali rasanya ktika makalah yang saya buat bisa dipresentasikan dengan maksimal,,tak luput ni juga atas bantuan artikel mbak.. thanxs banget ya mbak, n salam kenal. ( Diana / kebidanan UNMUH SBY )

    BalasHapus
  4. ass,..hei mb lia,..salam kenal,..alumni D4 NWU ya,..duh senengny da alumni yg pinter ,..bukan ja jd bidan tp juga di dunia IT,..aq skrg lg kulh di D4 nya NWU ang '08.,,lulus bidan '06,..salut bwt panjenengan,..sukses selalu,..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah........

    maturnuwun atas kunjungannya di dunia maya... main ya ke Sukabumi. Alhamdulillah sekarang aku dah di Dinkes kabupaten Sukabumi bagian Sie Yandas dan Kesga

    buat temen-temen NWU... Sukses always

    buat tessa.... misss you...... kangen buat curhat-curhatan lagi. he he

    BalasHapus
  6. ASSALAMUALAIKUM....
    mba Lia trima kasih byk ya...
    artikel mba sgt memebantu aQ dan tman2 wktu presentasi kmaren...
    subhanallah ya...iLmu mba tulis trus mengalir.
    slam kenal aQ iik dari politeknik depkes bandung jurusan kebidanan rangkasbitung.

    BalasHapus
  7. salam kenal iik... alhmdlh kalau ilmunya bermanfaat.. ikut seneng lo? sukses ya dek...

    BalasHapus
  8. hallow mbk lia,,,btw nama qt sama, hehehe.... thanks ya mbk artikelx bisa buat nambah literatur prop.. qq pngen deh suksek kaya' mbk..
    q Lya dari stkes pmkab jmbg..

    BalasHapus
  9. halo lya... sip lah kalau materinya berguna...tenang, mumpung bagi bagi ilmu dunia akhrt ga ada habisnya....hehehe.. jombang ya??? kayaknya q pernah ksana deh dik.. waktu itu lg pendirian pertama kebidanan. kalau ga salah lo...hehehe... salam kenal ya, ntar lebaran main ke kediri. q asli kediri kok..sukses ya..mg cepet lulus bidannya...

    BalasHapus
  10. waahh,.. bu lia ternyata penulis juga ya.. lanjutkan bu... saya jadi semangat buat nulis ilmu2 yang sudah didapatkan.. coba kembali ah... maklum zaman jahiliah nya yaitu males..

    BalasHapus
  11. assalamualaikum,,,
    ibu maaf,,, ibu punya makalh tentang asfiksia pada bayi baru lahir???

    BalasHapus
  12. mba ini sumbernya dari varney bukan?? tahun brapa ya, mba?? aku lagi nyari referensi diatas tahun 2002...

    BalasHapus